Selasa, 29 Mei 2012

Eneg Tapi Sehat

Pasti kalian pada suka makan es krim, soda, keju ataupun pizza kan??? Ya siapa gitu yang suka dengan makanan itu. Tetapi tahukah kalian beberapa makanan seperti itu mengandung lemak jenuh dan kandungan gula yang tinggi. Jika kita makan makanan tersebut bisa-bisa berat badan kita bertambah terus, tetapi itu tidak akan terjadi pada tubuh saya, karena saya terlahir sebagai orang langsing, hehehe... Nah, untuk mengatasinya ada baiknya kita mengikuti beberapa saran berikut :

  1. Untuk yang menyukai makanan daging-dagingan baik itu daging sapi ataupun unggas sebaiknya dikurangi dulu. Kita bisa menggantinya dengan daging ikan. Ikan enggak kalah enak dan lengkap gizinya kok dari daging sapi dan ayam. Justru ikan mengandung omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Untuk anak-anak juga bagus, karena dapat mengoptimalkan pertumbuhan mereka dan menambah kecerdasan anak. Contohnya ikan salmon sangat baik bagi tubuh, omega 3 nya sangat tinggi.
  2. Ini yang sebenarnya kurang saya sukai, tapi memang sebaiknya kita banyak mengkonsumsi buah dan sayur berwarna. Kata orang semakin berwarna semakin sehat buah dan sayur itu. Saya pernah makan buah bit, sebenarnya itu bukan buah tapi akar-akaran seperti ubi. Warnanya merah. Makan bit bisa meningkatkan sel darah merah di tubuh kita. Kebetulan waktu itu saya kena darah rendah dan disuruh makan bit kata dokternya. Rasanya enggak ada enak-enaknya tapi memang bagus dan berkhasiat untuk tubuh, cepat pulih tensi darahnya. Mungkin bagi yang kurang menyukai sayur bisa dibantu dengan makan gado-gado atau lotek seperti saya. Bagi anak-anak yang biasanya tidak menyukai sayur mungkin ibunya bisa mencampurnya dengan makanan favoritnya, sehinggga si anak tidak mengetahui ada wortel di dalam nasi gorengnya...
  3. Perbanyak makanan berserat seperti gandum. Kita bisa mengkonsumsinya dengan roti gandum, sudah banyak dijual di minimarket saat ini. Mengapa gandum? Karena gandum mengandung banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan.
  4. Mengurangi konsumsi soda dan kue manis, ini dilakukan untuk mengurangi asupan gula dan lemak yang terkandung dalam makanan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar